Ad 468 X 60

.

Tuesday, March 22, 2016

Widgets

FADHILAH MAJLIS ILMU YANG BANYAK ORANG MELALAIKANNYA. (Episode 1)

Ikhwaniy wa Akhwaty yang dimuliakan Allah swt, siapa diantara kita yang ingin diangkat derajatnya oleh Allah maka carilah majlis-majlis ilmu, karena Allah memberikan ganjaran sangat besar ada didalamnya. Banyak sekali hadist-hadist Nabi, nasehat para sahabat,tabi'in dan kaum shalihin yang telah menjelaskannya. Diantaranya:


1. Riwayat Ibnu Majah ra:

وعن النبي - صلى الله عليه وسلم -: أنه دخل المسجد فرأى مجلسين أحد المجلسين يذكرون الله تعالى ويرغبون إليه، والآخر يتعلمون الفقه فقال - صلى الله عليه وسلم -: «كلا المجلسين على خير وأحدهما أفضل من الآخر، أما هؤلاء فيدعون الله ويرغبون إليه، فإن شاء أعطاهم وإن شاء منعهم، وأما هؤلاء فيعلمون الجهال، وإنما بعثت معلماً، فهؤلاء أفضل》 ثم جلس معهم

《Tatkala Nabi Muhammad saw masuk kedalam masjid maka beliau melihat ada dua majlis, majlis yang pertama mereka sedang berdzikir dan memohon kepada Allah, sedangkan majlis yang lain mereka sedang sibuk mempelajari ilmu & mengajari orang yang belum tau. Maka Nabi bersabda: "Kedua majlis ini semuahnya dalam keadaan baik akan tetapi diantara keduanya ada yg lebih unggul. Adapun mereka yang sedang memohon kepada Allah, jika Allah menghendaki maka mereka akan diberi, dan jika tidak maka Allah akan menolak permohonan mereka. Adapun mereka yang sedang mengajarkan ilmu kepada orang yang belum tahu, ketahuilah hanya saja Aku diutus sebagai pengajar ilmu, dan merekalah yang paling unggul." Kemudian beliau saw duduk bersama orang-orang belajar.》

Majlis ilmu lebih unggul dari majlis dzikir, tentunya jikalau keduanya ini dipadukan alangkah berkahnya majlis-majlis kita.

2. Riwayat Abu Dzar ra:

حضور مجلس عالم أفضل من صلاة ألف ركعة وعيادة ألف مريض وشهود ألف جنازة

"Hadirnya seseorang di majlisnya orang alim adalah lebih utama dari 1000 rakaat (sunnah), lebih utama pula dari menjenguk 1000 orang sakit & lebih utama pula dari menyaksikan (mengantarkan) 1000 jenazah."

Coba kita berfikir sejenak menghadiri majlis ilmu yang tidak mengeluarkan tenaga besar ternyata masih lebih besar pahalanya dari seribu rakaat sunnah, mengapa demikian karena shalat kita setiap rakaatnya itu tergantung dengan ilmu yang kita miliki. 

Yang lebih hebatnya lagi lebih besar pahalanya dari mengantar seribu jenazah. Taukah kita bagaimana pahala mengantarkan satu jenazah muslim, Nabi katakan orang tersebut mendapatkan 1 qirodh (القيراظ) yang nilainya sama seperti sedekah satu gunung emas. SUBHANALLAH !!! Itu baru satu jenazah muslim yang kita antar, sedangkan menghadiri majlis ilmu adalh lebih besar pahalanya dari mengantarkan 1000 jenazah!!

Ini adalah keuntungan yang sangat besar dan janganlah kita menyiakannya..

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: