Ad 468 X 60

.

Friday, August 19, 2016

Widgets

[AMALAN ISTIMEWA USAI SHALAT JUM'AT ...]

Ada banyak dari para jama'ah shalat Jum'at yang pulang begitu saja setelah Jumatan itu selesai, padahal (kalau tahu) sejatinys banyak faedah yang tersembunyi apabila para jama'ah melakukan wirid/amalan setelah usai melakukan shalat Jum'at. Nah, berikut akan kami tampilkan beberapa faedah yang istimewa setelah melakukan shalat Jum'at, semoga ada manfaatnya. Aamiin.

1) Dari Ibnu Abbas ra. meriwayatkan bahwa Nabi 'alayhish-shalaatu was-salaam pernah bersabda: "Barang siapa setelah usai shalat Jum’at membaca:

سُبحَانَ اللّهِ العَظِيمِ وَبِحَمدِهِ. (100x)

Sebanyak 100 x, maka ia akan diampuni seratus ribu dosanya, dan kedua orang tuanya diampuni dua puluh empat ribu dosanya. Masya Allah.

2) Dari asy-Syaikh Abdul Wahhab asy-Sya’rani rhm., bahwasanya beliau pernah berkata, “Barang siapa istiqamah membaca dua bait ini pada setiap hari Jum'at, maka Allahu ta'ala akan mengambil nyawanya dalam keadaan Islam dengan tanpa ragu. Adapun dua bait tersebut adalah:


إلهي لست للفردوس أهلا # ولا أقوى على نار الجحيم
فهب لي توبة، واغفر ذنوبي # فإنك غافر الذنب العظيم


Dan sebagian ulama ada yang berpendapat, "Dua bait di atas dibaca lima kali setiap usai shalat Jum’at."

3) Dari Irak ibn Malik rhm., beliau pernah mengatakan, "Bahwasanya (dianjurkan) setiap selesai shalat Jum'at lalu berdiri pada pintu masjid dan berdo’a dengan doa berikut:


اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَجَبْتُ دَعْوَتَكَ، وَحَضَرْتُ جُمْعَتَكَ وَصَلَّيْتُ فَرِيْضَتَكَ وَانْتَشَرْتُ كَمَا أَمَرْتَنِيْ فَارْزُقْنِيْ مِنْ وَاسِعِ فَضْلِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ.

ALLAAHUMMA INNII AJABTU DA’WATAKA WAHADLORTU JUM’ATAKA WA SHOLLAITU FARIIDLOTAKA WANTASYARTU KAMAA AMARTANII FARZUQNII MIN WAASI’I FADLIKA WA ANTA KHOIRUR ROOZIQIIN

"Ya Allah aku telah memenuhi panggilanMu dan aku telah menghadiri Jum’atMu dan aku telah melaksanakan kewajiban sholat Jum’atMu dan aku sekarang pergi untuk mencari rizki seperti yang telah Engkau perintahkan aku maka berilah aku rizki dari keutamaanMu yang sangat luas dan Engkau adalah Dzat sebaik-baik pemberi rizki."

4) Di dalam kitab "Bughyah" disebutkan, "Barang siapa membaca surat al-Fatihah, al-Ikhlas dan surat al-Mu’awwidzatain masing-masing 7x setelah ia salam dari shalat Jum'at sebelum ia melipat kedua kakinya(dalam arti kakinya masih dalam posisi tasyahud akhir), maka diampunilah dosa yang telah ia jalani, diberikan pahalanya orang beriman pada Allah dan Rasul-Nya, dan dijanjikan dijauhkan dari kejelekan hingga hari Jum'at berikutnya, dalam sebuah riwayat ditambah keterangan, "Dan sebelum ia berbicara, maka dijaga baginya agamanya, dunianya, keluarganya dan anaknya dan setelah itu ia membaca doa empat kali, yaitu:


اَللّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَاحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ (×4)


ALLAAHUMMA YAA GHONIYYU YAA HAMIIDU YAA MUBDI;U YA MU’IIDU YA ROHIIMU YA WADUUDU AGHNINII BIHALAALIKA ‘AN HAROOMIKA WA BITOO’ATIKA ‘AN MA’SHIYATIKA WABIFADL;LIKA ‘AMMAN SIWAAKA (x4)

"Ya Allah wahai Dzat yang Maha kaya dan Maha mulya Dzat yang menciptakan sesuatu dari awal dan Dzat yang mengembalikannya, ya Allah wahai Dzat yang Maha pengasih lagi Maha penyayang berikanlah aku kekayaan dari rizkiMu yang halal sehingga aku terhindar dari rizki yang harom dan gampangkanlah aku melakukan ketaatanMu sehingga aku menjauhi hal-hal yang Engkau haromkan, dan jadikanlah kami hanya mengharap karuniaMu sehingga aku terhindar dari mengharap karunia dari selain Engkau." Wallahu A'lam . .

*Keistimewaan lainnya juga terdapat di buku, "HARI JUM'AT: Keistimewaan dan Kemuliaan", karya Imam as-Suyuthi (DI. Yogyakarta: Penerbit Layar, 2016).

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: