Ad 468 X 60

.

Thursday, June 27, 2013

Widgets

KHOTBAH Tak Penuhi Rukun,Di Ingatkan Jama'ah

-->

Kutbah Jum'at di DINARMAS Meteseh Tembalang

28 JUNI 2013,tadi sewaktu jum'atan ada kejadian yang lumayan langka,apakah itu???
Khotib di Tegur sama salah satu jama'ah jum'at.
Ketika azan pertama di kumandangkan semua hal biasa aja,kemudain di lanjutkan dengan penguman tentang hasil Infaq jum'at seminggu yang lalu dan siapa yang bertindak sebagai khotib dan imam.
Pada pengumuman itu di sebutkan yang bertindak sebagai Khotib dan Imam adalah : Bpk.H.Mubarok

Kemudian,ternyata yang menjadi Khotibnya adalah seorang anak muda yang menggunakan jaket dan wajah agak 'serem' (itu munurut pandanganku),Azan kedua di kumandangkan dan selesai.


Mulailah Beliau menyampaikan khotbahnya,mulai dengan bacaan Alhamdulillah.....dst,
kemudian membaca sholawat Ibrohimiah.....kemudain langsung menyampaikan materi khutbah....

DEEEENGG!!!!!! saya Bathin....Lho...KoK....Syahadatnya Ilang.....
Terus ...DEEEEENGGG!!!! Lho Kok.....Ayat yang biasa di baca khotib (mengajak pada ketakwaan:Itaqullah....dst...wasiat taqwa) Kok juga Hilang....gimana nih...alamat akan mengganti sholat jum'at dengan sholat dhuhur nih aku...

Materinya sungguh menurutku, penyampaianya kurang mengena di Hatiku (ndak Tahu di hati orang lain)....la melihat wajahnya aja sungguh 'serem' Walaupun beliau menyampikan tentang Hal Untuk kembali kepada Hukum ALLAH,karena kita banyak yang keluar islam tanpa sadar (kafir) karena tidak menerapkan Hukum ALLAH dalam kehidupan sehari-hari......DUUUEEEENGGGG!!!!...
maaf materinya kurang mengena jadi aku tidak hafal semua apa yang di sampaikan.

Singkat cerita,setelah kutbah pertama selesai Langsung deh ….Khotib di ingatkan Oleh Bpk.H.Mubarok ,yang tahu tentang rukun khotbah karena Kami sering Ngaji bareng untuk membahas Rukun Khotbah.Kenapa sering di bahas dalam Ngaji kami,Karena di masjid Dinarmas ini sering rukun khotbahnya terlewatkan.Kami sempat Lirik-lirikan saling mendukung bahwa khotbahnya tidak memenuhi rukun.

Alhamdulillah,setelah di peringatkan khotib di mohon untuk mengulang khutbah pertamanya dengan memenuhi Rukuk-rukunya,dan Di ulang deh hanya untuk memenuhi RUKUN saja.biar JUM'ATANYA SAH...

Begitu juga khotbah kedua hanya memenuhi Rukun Khotbah saja plus tambah DO'A.
Dan yang bertindak sebagai Imam adalah Bpk.H.Mubarok.
Anak-anak yang biasa rame ketika khotbah dan sholat jum'at,Alhamdulillah ketika Bpk.H.Mubarok yang bertindak sebagai imam suasana menjadi tenang dan hidmat. (karena bacaan beliau fasih dan enak di dengar)

Setelah sholat jum'at saya dan Bpk.H.Mubarok bertemu di luar Masjid,dengan basa-basi saya bertanya ,Pak ...apakah nanti malam kita Ngaji seperti biasa? Beliau menjawab : Ya....(saya bertanya karena ngaji kami sempat terhenti karena beliau habis umroh.) dan seolah beliau memberi sinyal kepada saya dengan senyum lebar....bahwa telah sukses mengingatkan Khotib yang tidak memenuhi rukun-rukun khotbah.

Semoga memberi manfaat kepada kita dan saran untuk khotib semoga mau belajar dulu tentang rukun khotbah...bukan hanya materi nya saja yang di hafal.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: