Ad 468 X 60

.

Wednesday, November 13, 2013

Widgets

Amalan Hari Asyura

Pada hari Asyura yakni pada tanggal 10 di bulan Muharom, Allah lebih mencurahkan rahmat untuk hamba-hambaNya, akan tetapi tidak semua hamba Allah termasuk dalam naungan rahmat Allah. Ada 3 golongan orang yang tertolak dari rahmat Allah, yaitu:

Orang yang memutuskan tali silaturahmi
Orang yang tidak menyapa saudara semuslimnya lebih dari 3 hari
Orang yang mengkonsumsi minuman keras dan narkotika atau semacamnya

Maka diperintahkan untuk setiap muslim yang sedang mengalami seperti diatas agar segera bertaubat dan tidak mengulangi kesalahannya yang lalu, agar tidak tertolak dari rahmat Allah. Naudzubillah min dzalik.
Dan dianjurkan juga untuk menghidupkan malam-malamnya dengan membaca Al-Quran, berdzikir dan beramal sholeh lainnya. Terdapat kurang lebih 12 macam sunnah yang dianjurkan pada hari Asyura, yaitu:
  1. Puasa sunnah
  2. Memperbanyak sholawat serta salam kepada baginda Nabi saw.
  3. Menyambung tali silaturahmi
  4. Memperbanyak shodaqoh
  5. Mandi sunnah
  6. Memakai celak
  7. Mengunjugi orang alim
  8. Menjenguk orang sakit
  9. Menyantuni anak yatim
  10. Memperluas rizki untuk keluarganya
  11. Memotong kuku
  12. Membaca surat Al-Ikhlas 1000x

Dan dianjurkan juga untuk melaksanakan sholat hajat 2 rakaat di malam Asyura. Setelah selesai mengerjakan sholat, membaca ayat kursi sebanyak 360x yang dipisah di setiap ayat kursi dengan basmalah dalam keadaan masih memegang wudhu, menghadap kiblat, dan duduk dalam posisi tetap tegak (tidak berganti-ganti posisi duduk) kemudian membaca doa :

قُلْ بِفَضْلِ اللهِ وَ بِرَحْمَتِهِ فَبِذالِِكَ فَلْيَفْرَحُوْا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعثوْن      X 48

Dilanjutkan dengan membaca doa:

اللهمّ إِنَّ هَذِهِ لَيْلَةٌ جَدِيْدَةٌ وَ شَهْرٌ جَديْدٌ و سَنَةٌ جَدِيْدَةٌ فَاعْطِنِيْ اللهمّ خَيْرَهاَ وَ خَيْرَ مَا فِيْهَا وَاصْرِفْ عَنِِّي شَرَّهَا وَ شَرَّ مَا فِيْهَا وَ شَرَّ فِتْنَتِهَا وَ مُحْدَثَاتِهَا وَ شَرَّ النَّضفْسِ وَ الهَوَى وَ الشَيْطَانِ الرّجِيْمِ  X12



Dan pada hari tersebut pula, dianjurkan untuk membaca:

حَسْبُنَا الله نِعْمَ الوَكِيْل نِعْمَ المَوْلَى وَ نِعْمَ النَّصِيْر x70

Dan membaca doa:

بسم الله الرّحمن الرّحيم, وَ صَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ وسَلِّمَ. سُبْحَانَ الله مِلْءَ المِيْزَانِ وَ مُنْتَهَى العِلْمِ,وَ مَبْلَغُ الرِّضَا وَ زِنَةَ العَرْشِ, لاَ مَلْجَأَ وَ لاَ منْجَا مِنَ االله إلاَّ إلَيْهِ. سُبْحَانَ الله عَدَدََ الشَّفْعِ وَ الوِتْرِ, وَ عَدَدَ كَلِمَاتِهِ التَّمَّاتِ كُلِّهَا, أَسْألُكَ السَلامَةَ كُلِّهَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرّاحِمِيْنَ, وَ لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله العَلِيِّ العَظِيْمِ, وَ هُوَ حَسْبِيْ وَ نِعْمَ الوَكِيْلِ, نِعْمَ المَوْلَى وَ نِعْمَ النَّصِيْرِ, وَ صَلَّى الله عَلَى نَبِيِّنَا خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ و صَحْبِهِ و سَلَّمَ أجْمَعِيْنَ.

Faidah dari mengamalkan doa dan dzikir tersebut niscaya Allah akan menjauhkannya dari segala macam keburukan yang akan menimpanya di tahun itu, Insya Allah.

Rekaman pengajian Habib Segaf Baharun tentang "Fadhilah Hari Asyuro https://archive.org/download/FadhilahHariAsyuro/Fadhilah%20Hari%20Asyuro.mp3

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: