Ad 468 X 60

.

Saturday, January 18, 2014

Widgets

ORANG-ORANG YANG PERTAMAKALI MENERIMA DAKWAH RASULULLAH SAW. (MASUK ISLAM)

Disebutkan dalam as-Sirah an-Nabawiyyah juz 1 halaman 179: “Wanita pertama yang masuk Islam adalah istri tercinta beliau Saw., Sayyidah Khadijah Ra., yang dengan keikhlasan cinta dan kasih sayangnya senantiasa membantu dan mendukung beliau Saw. dengan segenap jiwa raga dan hartanya, dan selalu mendamaikan, menentramkan dan menyejukkan hati setiap kali beliau Saw. menghadapi rintangan ataupun hambatan dalam dakwahnya.

Dan anak remaja yang pertamakali masuk Islam adalah Sayyidina Ali bin Abu Thalib Ra. yang waktu itu berusia 10 tahun. Beliau adalah anak Sayyid Abu Thalib, paman beliau Saw., yang diasuhnya sejak kecil atas kepedulian beliau Saw. untuk meringankan beban pamandanya, Sayyid Abu Thalib.Beliau adalah anak yang suci dan murni dari segala kotoran jahiliyyah karena tumbuh dan berkembang dalam asuhan dan bimbingan langsung dari beliau Saw. Sehingga keimanan Sayyidina Ali Ra. memuncak sangat luar biasa. Dalam kitab Nuzhat al-Majalis juz 2 halaman 157 disebutkan:

قال سيدنا عمر بن الخطاب رضي الله عنه : أشهد على النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : لو وضعت السموات السبع والأرضون السبع في كفة ووضع إيمان علي في كفة لرجح إيمان علي

“Sayyidina Umar bin Khaththab Ra. berkata: “Saya bersaksi bahwa Nabi Saw. bersabda: “Seandainya tujuh langit dan tujuh bumi ditimbang dengan imannya Ali bin Abu Thalib Ra., niscaya lebih berat imannya Ali bin Abu Thalib Ra.”

Dan dari kalangan budak yang telah dibebaskan yang pertamakali masuk Islam adalah Sayyidina Zaid bin Haritsah Ra. Beliau adalah budak Rasulullah Saw. yang telah dimerdekakannya.

Sedangkan dari kalangan budak yang belum merdeka yang pertamakali masuk Islam adalah Sayyidina Bilal bin Rabah Ra. Beliau adalah budaknya Umayyah bin Khalaf.

Dan laki-laki dewasa dari bangasawan Quraisy yang pertamakali masuk Islam adalah sahabat terdekat Nabi Saw., yaitu Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq Ra. Beliau di kalangan Quraisy terkenal sebagai orang yang bernasab tinggi, banyak ilmunya, pemberani, pedagang yang jujur dan berakhlak mulia dan sebagai sahabat Nabi Saw. sedari masa kecilnya yang sangat tulus, setia dan sudah mempersiapkan dirinya untuk beriman pada saat beliau Saw. menjadi nabi.

Rasulullah Saw. bersabda tentangnya: “Sesungguhnya aku belum pernah mengajak seseorang untuk masuk Islam melainkan ia mempertimbangkannya lebih dahulu, kecuali Abu Bakar. Sesungguhnya ia langsung menyambutnya dengan senang hati.”

Sayyidina Abu Bakar Ra. pun dengan setia selalu membantu Nabi Saw. dalam berdakwah. Diantara orang-orang yang masuk Islam melaluinya adalah Sayyidina Utsman bin Affan Ra., Sayyidina Zubair bin Awam Ra., Sayyidina Sa’ad bin Abi Waqqash Ra., Sayyidina Abdurrahman bin Auf Ra. dan Sayyidina Thalhah bin Ubaidillah Ra.

Sumber : Status FB ‪#‎Imam‬ Besar Jomblowan Sya'roni As Samfuriy mengajak semua hadirin untuk bershalawat salam kepada Baginda Nabi Agung Muhammad Saw. Shalluuuu 'alan Nabiy...

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: