Ad 468 X 60

.

Saturday, February 8, 2014

Widgets

BID'AH BID'AH DI MASJIDIL HAROM jilid IV (?)

Puncak kenikmatan berpuasa Ramadhan di Makkah adalah tatkala TARAWIH terakhir yang ditutup dengan doa Khotmil Qur'an di Masjidil Haram yang dalam hal ini biasanya di pimpin oleh Duktur Syaikh Abdurrahman Assudais hafidzohullah.

Doanya keras dan panjang banget sambil nangis nangis kurang lebih 45 menitan, masuk mikrofon, televisi live dan radio radio seantero Saudi Arabia.

Berdoa disaat Alqur'an hatam adalah bisa dibilang sunnah, karena hal ini ada dasarnya, yakni hadits shohih Anas bin Malik rodhiyalllahu anhu. Namun hadits ini ceritanya adalah doa khotmil qur'an yang dilakukan diluar shalat.Nah bagaimana jika hatam Alqur'annya didalam shalat dan doanya juga dilakukan didalam shalat, seperti yang telah menjadi kebiasaan di Masjidil Haram tersebut?

Syaikh Abdullah bin Baz membolehkan, bahkan beliau mengatakan itu adalah "MUSTAHAB", namun kata beliau, yang afdhol itu doanya jangan panjang panjang:

SUMBER: http://ar.islamway.net/fatwa/14616

Adapun menurut Syaikh Sholih Al Utsamin adalah sbb

سئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله : ما حكم دعاء ختم القرآن في قيام الليل في شهر رمضان ؟

فأجاب

" لا أعلم في ختمة القرآن في قيام الليل في شهر رمضان سنة عن النبي صلى الله عليه وسلم ، ولا عن الصحابة أيضا ، وغاية ما ورد في ذلك أن أنس بن مالك رضي الله عنه كان إذا ختم القرآن جمع أهله ودعا . وهذا في غير الصلاة " انتهى

"فتاوى أركان الإسلام" (ص 354

Syekh Al-Utsaimin rohimahullah ditanya tentang hukum membaca doa khatam Al Qur’an ketika shalat malam di bulan Ramadan.

Beliau menjawab, “Saya tidak mengetahui dalam Khotmil Qur’an pada shalat malam itu bagian dari SUNNAH Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak pula riwayat dari sahabat.
Mentoknya riwayat yang menyinggung tentang doa Khotmil Qur’an adalah dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwa apabila beliau mengkhatamkan Alquran, beliau mengumpulkan keluarganya dan berdoa ini dilakukan di luar shalat.” (Fatwa Arkan Al-Islam, hlm. 354)

SUMBER: http://islamqa.info/ar/65581

Dan menurut Syaikh Sulaiman Al Alwani adalah BID'AH

SUMBER: http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=221392

Pendapat Syaikh Albani di kolom komentar.

Sekian dan selamat memilih penadapat ulama masing masing

Semoga bermanfaat^^

Sumber : Status FB  Baba Naheel

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: