Ad 468 X 60

.

Saturday, March 29, 2014

Widgets

NASIHAT UNTUK PARA BAPAK DAN IBU

Berisi kebaikan di dunia dan akhirat. dalam sebuah Hadist di sebutkan

لا يلقي الله أحد بذنب أعظم من جهالة أهله


Seorang itu tidak menemui Allah dengan membawa dosa yang lebih besar daripada kejahilan keluarganya.

Dari apa yang telah di tuturkan oleh para Ulama' Nafa'anallahu bihim. keharusan bagi para bapak dan ibu memperhatikan pentingnya mendidik anak, mengajari mereka serta mengajari adab sopan santun.

Mendidik Anak : Di atas akhlak yang baik dan perkara-perkara yang terpuji
mengajari mereka : dengan Ilmu yang bermanfaat tentang mengetahui tuhan nya, dengan pengetahuan yang benar lagi kuat, memberikan pengetahuan kepada mereka tentang agama nya, serta mengajari cara memulyakan dan mencintai agamanya, memberikan pengetahuan kepada mereka tentang nabi nya Sayyidina Muhammad dan ajari cara mencintai dan mengikuti sunnah nya. cara mencintai para ahlu bayt nya serta para sahabat-sahabat nya yang mulia, cara beradab sopan santun kepada para ahlu bayt dan para sahabat nabi shallallahu alaihi wa sallam.Didik mereka dengan adab: dengan adab yang baik, adab-adab nabawi, yaitu dzikir yang harus di baca sehari-hari, yang telah di ajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam kepada kita. dan Juga adab-adab dari semua pekerjaan yang telah di tuturkan Oleh para ulama' dalam kitab-kitab nya. Di antaranta adalah Al-imam A-ghazali dalam kitab nya (Bidayatul hidayah) seperti :
adab Shalat,
adab tidur dan bangun dari tidur
adab makan
adab masuk dan keluar kamar mandi
adab masuk dan keluar Rumah
adab masuk masjid
adab majelis Ilmu
adab berbicara
aadab bergaul dengan saudara
adab berjalan
adab berpakaian
dan lain sebagainya dari adab-adab islam, sebab agama itu semuanya adalah adab.

Semuanya itu adalah wajib dan tidak boleh di elakkan.
orang yang lalai maka kelak akan di tegur dan di siksa di hari kiamat, serta anak-anak nya akan memperkarakan nya kepada Allah, seraya mereka mengadu. ( Wahai tuhan kami, ambillah hak-hak kami dari nya, sebab dia tidak mengajari kami) Dan di dunia anak-anak nya berbalik menjadi musuh nya sebab dia tidak mendidik anak-anak nya

Allah berfirman

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ


Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.

melaksanakan mendidik dan mengajari mereka adalah berpahala besar , dengan nya manusia akan mendapatkan tempat yang mulia, namun sayangnya terkadang manusia malas dan merasa berat dalam melaksanakan didikan kepada keluarganya. setiap perkara yang serasa berat di hati maka menjadi berat dalam timbangan pahalanya dan di sisi Allah ia lebih di cintai dan lebih dekat.

Oleh karena nya, didiklah , dan duduklah bersama keluargamu, di rumah, walau hanya setengah jam untuk mendidik dan mengajari mereka tentang sejarah Rasulullah, Ahli bayt nya.
berilah kefahaman kepada mereka tetang agama Allah,
ingati mereka dari perbuatan maksiat.
tanamkan rasa takut kepada Allah dan sesungguhnya Allah senantiasa bersama mereka.
Hafalkan mereka , kalam-kalam Allah (Al-qur'an)
bacakan di hadapan mereka hadist-hadist nabi.

Adalah para salafussolih. membacakan kitab kepada anak-anak nya, seperti kitab Riyadhusshalihin, Kitab Al-adzkar, keduanya karangan Imam nawawi.
Kitab bidayatul hidayah, karangan Imam Al-ghazali.
dan dalam Ilmu Fiqh, Kitab Ar-risalah Al-jami'ah , Karangan Al-habib Ahmad bin zein Al-habsyi, atau kitab Safinatunnaja.


Yang terpenting jangan biarkan anak-anak mu seperti hewan, Tidak tahu, dan tidak mengenal apa-apa tentang agama nya, tidak mengenal nabi dan ahlu bayt nabi nya.

orang yang tidak mengajari anak-anak nya sebagaimana yang telah kami singgung di atas, Maka mereka akan belajar kejahatan, musibah, dusta, dan akhlak yang buruk semuanya mereka pelajari dari televisi, internet dan teman yang buruk.

Keluargamu adalah amanat yang Allah tanggungkan di pundak mu, wajib atas mu untuk memenuhi amanat ini.

Semoga Allah limpahkan pahala kepada mu, dan mencatat nya sebagai pahala yang besar.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: