Ad 468 X 60

.

Friday, July 10, 2015

Widgets

Khalifah Umar bin Khattab dan Pemuda Pemabuk

(Disarikan dari kisah yang ada pada kitab Mukasyaftul Qulub Bab Taubat dengan terjemah bebas pake bangeddd)

Sebuah kisah unik terjadi pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Di suatu malam yang dingin ada seorang pemuda yang pulang dari tempat nongkrong sambil membawa sebotol minuman keras untuk dia minum di rumah. Dia menyembunyikan botol minuman keras itu di dengan menutupinya dengan jubahnya. Naasnya di jalan di bertemu dengan Amirul Mu'minin Umar bin Khattab yang sedang blusukan di kota Madinah. Si pemuda tadi pun terhenyak kagek karena bisa-bisanya tiba-tiba Khalifah Umar ada di situ. Keringat dingin pun bercucuran di seluruh tubuhnya.

"Mampus gue, ada si Umar lagi razia, udah gue bawa tuak lagi, gue pasti bakal kena hukuman, minim-minimnya gue digebukin ampe bonyok sama Umar." Gumam si pemuda dalam hatinya.

Khalifah Umar yang melihat si pemuda membawa sesuatu di dalam jubahnya pun langsung menanyainya, "Heh tong! Loe bawa ape di dalem jubah itu?"

Keringat si pemuda itu makin bercucuran mendengar suara Umar yang terkenal galak dan tak kenal ampun pada orang-orang yang bersalah.

Si pemuda berbalik badan hendak kabur dari Khalifah Umar. Namun belum si pemuda itu melangkahkan kakinya Khalifah Umar kembali memanggilnya lagi.

"Heh loe mau kemane? Hah??? Itu sini periksa dulu! Loe bawa ape itu?" Panggil Khalifah Umar kepada si pemuda.

Dengan tubuh gemetaran dan keringat dingin bercucuran deras si pemuda dalam hati berdoa kepada Allah. "Ya Allah, gue dalam keadaan kepepet nih. Kalau Umar sampai tau gue bawa tuak bisa mampus gue, Ya Allah. Bisa-bisa besok pagi gue udah terbaring di ICU gara-gara kena hukuman cambuk. Ya Allah gue emang tukang mabok, tukang maksiat, sesekali ya pernah main cewek, tapi sekali doang kok ya Allah, dulu waktu masih punya pacar, sekarang mah udah jomblo kok ya Allah. Pacar gue kabur diembat orang. Makanya gue lampiasin pakai minum tuak ini. Please deh ya Allah, tolongin gue, gimana caranya biar tuak ini keliatan jadi botol cuka kek, atau saus tomat kek, atau kecap kek sama Umar. Biar gue nggak kena hukuman cambuk. Please ya Allah, gue nggak bisa kerja lagi kalau badan gue remek digebukin Umar. Please Ya Allah. Gue janji kalau botol tuak ini jadi keliatan sebotol cuka sama si Umar, gue nggak bakal mabok lagi. Gue bakal jadi pemuda baik-baik, rajin menabung, dan taat kepada guru dan orang tua. Please ya Allah pleassseeeee" Ratap pemuda tukang mabuk itu kepada Allah di dalam hatinya.

"Heh tong sini! Loe pasti nyembunyiin sesuatu di dalem itu. Sini gue liat, jangan loe maling ya?"

Mata si pemuda melotot di bilang maling, "Eh bukan kok Khalifah, bukan, ane bukan maling khalifah. Sumpah kesamber gledek, ane bukan maling. Ini cuma sebotol cuka kok Khalifah. Ane tadi habis dari rumah temen pulangnye dikasih cuka sebotol. Nih botolnya." Kata pemuda itu menunjukkan botol itu kepada Khalifah Umar.

Ajaib!!!! Ternyata doa si pemuda tukang mabuk itu terkabul. Dengan seizin Allah sebotol minuman keras yang dia bawa itu menjadi nampak sebotol cuka di mata Khalifah Umar.

"Wkwkwkwkwkw, tong.. tong... Loe ini ada-ada aja. Bawa cuka aja pake disembunyiin kayak bawa barang colongan. Sono pulang, nyak-babeh loe udah nungguin di rumah, lagian nih udah malem, lagi banyak begal, entar cuka loe itu dibegal orang."

Si pemuda itu pun bergegas pamit pulang setelah terlebih dahulu cium tangan Khalifah sebagai tanda terimakasih. Di jalan pemuda itu membuang botol minuman kerasnya, dan bertaubat kepada Allah untuk tidak lagi mabuk-mabukkan demi memenuhi janjinya ketika diselamatkan saat razia. Dan pemuda itu pun jadi pemuda baik-baik.

Sumber : Zulfahani Hasyim

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: